TENTANG KURIKULUM MAJOR FASILITAS BERITA KARYA TESTIMONI

SIB Kembangkan Modul Pembelajaran Interaktif di Metaverse

Metaverse memberikan terobosan untuk membantu interaksi user tanpa mengenal batas lewat dunia 3D. Jarak, waktu dan wilayah geografis tidak menjadi masalah dengan bantuan teknologi Virtual Reality (VR) berbasis dunia virtual metaverse. Riset grup Game Technology Sistem Informasi Bisnis ISTTS mengembangkan teknologi pembelajaran di dunia virtual menggunakan pendekatan interaktif. Bapak Ong, Hansel Santoso seorang dosen muda SIB ISTTS bersama Bapak Herman Thuan To Saurik, Bapak Dr. Joan Santoso, dan Bapak Dr. Hartarto Junaedi dari Grup Riset Game Technology Program Studi Sistem Informasi ISTTS mengembangkan metode pembelajaran virtual menggunakan pendekatan kecerdasan buatan dan teknologi game di dunia Metaverse menggunakan teknologi VR.

 

Sisi interaksi dari mahasiswa dengan Non Playable Character (NPC) di dunia virtual tentunya dikembangkan dengan konsep kecerdasan artifisial di game menggunakan pendekatan terbaru agar menimbulkan virtual presence. Pengembangan yang dilakukan akan mengedepankan dan menonjolkan dialog dan interaksi dari pengguna dengan kecerdasan artifisial yang ada di game pembelajaran virtual tersebut. Hal ini bertujuan agar sisi imersif dari game dapat ditonjolkan dan mahasiswa terasa hadir di kampus seperti mengikuti pembelajaran luring dalam ruang kelas kampus atau beraktifitas di perpustakaan. Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di rumah dan merasakan kegiatan belajar mengajar seperti halnya tatap muka di kampus.

 

Dunia virtual yang dirancang semirip mungkin dengan dunia nyata membuat dosen dan mahasiswa merasa berada dalam suasana kelas layaknya pembelajaran luring. Ketika kegiatan pembelajaran dimulai, mahasiswa dan dosen bisa saling berinteraksi satu sama lain melalui mic, dan controller yang tersedia dalam perangkat. Tidak hanya suasana kelas yang dibuat semirip mungkin, materi kuliah juga disertakan dalam game ini untuk menambah motivasi dan ketertarikan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan di dunia metaverse. 

 

Teknologi metaverse ini merupakan salah satu riset unggulan dari grup Grup Riset Game Technology dengan mengedepankan perkembangan teknologi game di society 5.0. Diharapkan pada masa pandemic covid-19 ini keterbatasan akan kegiatan tatap muka dapat teratasi dan pembelajaran di kelas dapat diselenggarakan dengan menarik khususnya menggunakan teknologi terbaru yang merupakan ciri khas dari kampus ISTTS.

 



Tanggal Publikasi:

2022-04-20

Link to Share:

http://sib.stts.edu/detailberita.php?id=51

BERITA LAINNYA